Cari Objek Wisata

JALAN DARAT DENPASAR KE LARANTUKA TRIP 2

Selamat pagi sobat pembaca blog Wisata Objek kesayangan kita ini, berawal dari pagi buta di pelabuhan Lembar sekitar jam 4 dinihari berangkat menuju pelabuhan Kayangan di Lombok Timur untuk selanjutnya menyebrang ke pelabuhan Pototano Sumbawa Barat.
Ow iya sobat hampir lupa kalau saya belum menginformasikan bahwa ketika berangkat dari Denpasar, kami sudah membawa perbekalan berupa nasi putih di bungkus kertas nasi dan juga laukpauk terpisah sehingga awet. Perbekalan ini kami siapkan dari awal karena kami yakin perjalanan kami dari Bali sampai pelabuhan Pototano adalah malam hari.

Perjalanan dari Lembar menuju pelabuhan Pototano membutuhkan waktu kurang lebih 1 sd 1,5 jam perjalanan apabila perjalanan dilakukan malam hari, dan akan berbeda bila perjalanan akan dilakukan siang hari akan memakan waktu lebih lama karena berkaitan dengan kemacetan di kota Mataram. Kami tiba di pelabuhan Kayangan jam 05.21 pada hari kedua jalan darat tepatnya tanggal 20 Desember 2018

Biaya penyebrangan dari pelabuhan Kayangan ke pelabuhan Pototano adalah sebesar Rp. 465.000 untuk kendaraan jenis Sedan, dan juga seperti Avansa dan Xenia, sedangkan untuk kendaraan jenis pick up sedikit lebih murah sekitar 100 sd 200 ribu.
Di atas kapal inilah waktu yang tepat buat sarapan pagi dengan bekal yang sudah kami bawa dari Denpasar Bali. Bagi yang tidak membawa makanan bisa koq beli makanan di atas kapal ferry namun sudah pasti harganya sedikit lebih mahal dan makanannya tidak selengkap yang kita harapkan

Setelah menunggu beberapa lama di atas kapal karena penumpangnya masih sepih, akhirnya kapal di berangkatkan menuju pelabuhan Pototano Sumbawa Barat sekitar jam 6 pagi masih ditanggal 20 Desember 2018.
Lama penyebrangan sekitar 2 jam dan tiba di pelabuhan Pototano sekitar jam 8 pagi atau tepatnya jam 07.49 wita kami sudah turun di dermaga pelabuhan Pototano Sumbawa Barat.

Perjalanan darat trip pertama sudah kita lewati yaitu di pulau Lombok dan perjalanan trip kedua sekarang kita mulai dari pelabuhan Pototano menuju pelabuhan penyebrangan terakhir yaitu pelabuhan Sape di Sumbawa Timur yang akan memakan waktu kurang lebih 9 jam untuk jalan santai namun bila sedikit lebih cepat maka untuk mencapai pelabuhan Sape bisa ditempuh dalam waktu 7 sd 8 jam saja

Sekitar jam 3 sore kami sudah tiba di pelabuhan penyebrangan ferry Sape Sumbawa Timur, jadi lamanya perjalanan kami dari pelabuhan Pototano ke Sape adalah 7 jam perjalanan. Meskipun sudah tiba di pelabuhan Sape, namun kami tidak langsung nyebrang ke Labuan Bajo karena ferry untuk nyebrang ke Labuan Bajo sudah berangkat di pagi hari.
Di sinilah perbedaan pelabuhan penyebrangan Sape dengan pelabuhan penyebrangan sebelumnya yang sudah kita lalui. Kedua pelabuhan baik itu dari Padang Bai ke Lembar maupun dari pelabuhan Kayangan ke Pototano kedua penyebrangan tersebut diberangkatkan setiap saat bahkan setiap jam sedangkan khusus untuk pelabuhan Sape ini untuk saat ini hanya 1 kali penyebrangan sehari

Jadi apabila para pembaca ingin melakukan perjalanan dari dari Bali, Lombok atau Sumbawa menuju Flores, yang harus diperhatikan adalah jadwal penyebrangan dari pelabuhan Sape ke Labuan Bajo agar tidak tertahan di pelabuhan Sape, bila ferry sudah diberangkatkan ketika kita tiba di pelabuhan. Saran dari saya adalah sebelum menuju ke pelabuhan Sape, sebaiknya telpon terlebih dahulu pegawai atau kenalan yang ada di sana untuk memastikan jadwal serta biaya penyebrangan

Oleh karena kedatangan kami di pelabuhan Sape sudah terlambat maka kami harus bermalam di Sape untuk menunggu penyebrangan keesokan harinya yang kebetulan katanya waktu itu ferry akan berangkat jam 4 atau 5 sore dari pelabuhan Sape menuju pelabuhan Labuan Bajo

(tonton semua videonya di Youtube mulai dari keberangkatan dari kota Denpasar hingga Larantuka Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, NTT)

Sekedar info sobat pembaca bahwa sengaja kami tidak posting dimana beli makanan dan menu makanan apa yang dibeli karena bekal yang kami bawa masih ada sehingga kami belum belanjakan makanan untuk sarapan maupun makan siang kami

Setelah menunggu selama 24 jam lebih di pelabuhan Sape akhirnya di tanggal 21 Desember 2018 jam 16.30 kami sudah masuk di dalam kapal ferry, namun kapalnya berangkat sekitar jam 18.20 dari pelabuhan Sape menuju pelabuhan Labuan Bajo dan tiba sekitar jam 02.15