Cari Objek Wisata

JALAN DARAT DENPASAR KE LARANTUKA TRIP 1

Banyak orang bermimpi untuk menaklukan perjalanan darat dari Bali menuju pulau Flores, namun tidak banyak orang bisa melakukannya. Ada beberapa sebab yang membuat mimpi itu susah diwujudkan yaitu salah satunya adalah jarak yang cukup jauh dengan medan yang cukup menantang, oleh karena itu tulisan ini mengulas perjalanan yang kami lakukan pada tgl 19 Desember 2018 dari Denpasar Bali menuju kota paling timur pulau Flores - NTT yaitu Larantuka.

Dengan membaca tulisan ini sangat diharapkan agar para petualang bisa terinspirasi untuk melakukan perjalanan darat dari Jawa atau Bali menuju Labuan Bajo, Danau Kelimutu di Flores. Selain itu bisa mampir di tempat wisata lainnya yang ada di wilayah Lombok maupun pulau Sumbawa.

Sudah 3 kali saya melakukan perjalanan darat dari Bali ke Flores, namun pada perjalanan darat kali ini kami lakukan karena terpaksa, terpaksa karena harga tiket pesawat lumayan mahal, setelah dihitung-hitung malah lebih murah menggunakan mobil ke Larantuka Flores dibandingkan menggunakan pesawat, akhirnya kami putuskan untuk melakukan perajlanan darat

Perjalan darat kami mulai dari kota Denpasar pada jam 18.00 wita menuju pelabuhan penyebrangan pertama Padang Bai untuk nyebrang ke pelabuhan Lembar Lombok Barat. Setelah melakukan perjalanan dari Denpasar ke Padang Bai Karangasem selama 1 jam, kami tiba di pelabuhan Padang Bai jam 19.00 wita dan langsung beli tiket penyebrangan

Pada spidometer mobil di atas menunjukkan waktu/jam keberangkatan serta besaran kilometer yang sudah dilalui mobil Xenia. Sengaja saya posting foto ini agar pembaca bisa menghitung jarak serta memprediksi biaya yang akan dikeluarkan selama perjalanan darat dari Bali Menuju pulau flores

Perhatikan biaya penyebrangan dari Padang Bai Bali ke Lembar Lombok Barat di atas sebesar Rp. 917.000 untuk kendaraan sedan dan sejenis Avansa atau Xenia. Untuk kendaraan roda dua seperti sepeda motor tentu lebih murah namun pastinya kami tidak ingat.
Yang perlu diingat bahwa penyebrangan antara Padang Bai ke Lembar atau sebaliknya berlangsung setiap waktu yang artinya ketika muatan sudah penuh maka Ferry akan langsung diberangkatkan.

Selain membeli tiket penyebrangan dari Padang Bai ke Lembar Lombok, kami juga sudah mengisi penuh tangki mobil dengan premium dengan biaya Rp. 200.000. Bahan bakar full tangki ini berdasarkan pengalaman saya 3 kali melakukan perjalanan darat baik dengan mobil pick up maupun mobil jenis Xenia dan Avansa, bahan bakar ini sudah bisa mengantarkan kita hingga ke Sape Sumbawa Timur.

Sekedar informasi ketika 3 kali melakukan perjalanan darat itu saya yang pertama menggunakan mobil pick up kondisi baru, kemudian pada perjalanan darat yang kedua saya menggunakan mobil Avansa sudah kebih dari 5 tahun umur pembelian dan yang ketiga ini kami menggunakan Xenia kondisi masih baru

Kapal Ferry yang kami tumpangi kali ini adalah KM Dharma Rucika III yang berangkat dari Padang Bai sekitar jam 9 malam / 21.00 wita. Selama kurang lebih 4 jam mengarungi selat Bali akhirnya kapal Ferry tiba di pelabuhan Lembar Lombok jam 01.30 wita, namun tidak langsung sandar karena antri menunggu kapal lain yang sedang bongkar muat di dermaga sehingga kami turun dari kapal sekitar jam 03.50 wita atau jam 4 pagi

Ada beberapa keterangan yang mungkin tidak tepat, bisa anda perjelas dengan menonton semua video perjalanan darat dari Denpasar Bali menuju Larantuka Flores yang sudah saya upload di Youtube

Trip satu dari Denpasar menuju Lombok hanya sampai di sini, selanjutnya silahkan baca artikel untuk Jalan Darat Denpasar Ke Larantuka Trip 2