Cari Objek Wisata

Perjalanan Darat Bali Lombok Sumbawa Flores

Perjalanan Darat Bali Lombok Sumbawa Flores - Perjalanan wisata di Indonesia Timur khususnya dari Bali hingga pulau Flores dapat dilalui menggunakan transportasi darat, seperti mobil dan sepeda motor. Untuk menghemat biaya transportasi, sebaiknya perjalanan darat menggunakan mobil. Bila dibandingkan dengan menggunakan transportasi udara, akan lebih murah melakukan perjalanan wisata menggunakan mobil, ini adalah alternatif menarik untuk mengunjungi objek wisata di keempat pulau Bali, Lombok, Sumbawa dan Flores.


Pelabuhan Sape - Sumbawa Timur
Berdasarkan pengalaman pribadi ketika melakukan perjalanan ke pulau Flores dari Bali, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika melakukan perjalanan darat dari Bali hingga Flores. Memang sih perjalan yang saya lakukan waktu itu bukan perjalanan wisata, hanya mengantar mobil ke kota Bajawa, Flores. Meskipun hanya sekedar mengantar mobil ke Flores, saya pikir informasi ini bisa bermanfaat bagi siapaun yang melakukan perjalanan darat dari Bali ke Flores.

Pelabuhan Kayangan - Lombok Timur
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama perjalanan adalah biaya penyebrangan di tiap pelabuhan dan juga biaya bahan bakar untuk kendaraan.

Biaya Penyebrangan Kapal Ferry


Penyebrangan menggunakan kapal ferry dalam perjalanan darat Bali ke Flores, ada tiga penyebrangan yang harus dilalui, yaitu Padangbai Bali Timur ke Lembar Lombok Barat, Pelabuhan Kayangan Lombok Timur ke Pelabuhan Pututanu/Pototanu Sumbawa Barat dan Pelabuhan Sape Sumbawa Timur ke Pelabuhan Labuan Bajo Flores Barat.


Biaya Penyebrangan Sape - Labuhan Bajo

Biaya yang dikeluarkan untuk penyebrangan dari pelabuhan Padang Bai ke pelabuhan Lembar untuk kendaraan mobil sekitar 700 ribuan, dari Pelabuhan Kayangan ke Pututanu sekitar 400 ribuan dan dari pelabuhan Sape ke Labuan Bajo sekotar 1 juta rupiah.

Biaya Bahan Bakar kendaraan


Untuk biaya bahan bakar kendaraan, khususnya untuk mobil, tidak terlalu banyak karena hanya sekali isi bensin di Denpasar Bali penuh tangki, sudah bisa sampai di daratan pulau Flores. Biaya ini bisa bertambah apabila selama di lombok masih singgah dibeberapa objek wisata.

Biaya Konsumsi


Soal biaya konsumsi saya kira tidak ada malasah karena rata-rata orang tiga kali makan itu pasti dan biaya makanan selama perjalanan tidak terlalu mahal. Yang menjadi perhatian adalah warung makan, kedai makan, restauran di sepanjang perjalanan sangat minim sehingga perlu pertimbangan untuk membawa perbekalan yang memadai. Misalnya membawa makanan ringan seperti roti sebagai pengganjal perut ketika lapar menyerang.

Menu Masakan Sape Sumbawa Timur

Kesiapan Kendaraan


Kendaraan yang dibawa ke daratan Flores sangat diharapkan agar kondisi kendaraan benar-benar siap tempur. Medan perjalanan dari Bali hingga ujung timur Sumbawa belum ada tantangan, namun ketika memasuki wilayah barat Pulau Flores, kendaraan benar-benar akan diuji ketangguhannya. Medan berliku-liku dengan tikungan sangat tajam bisa jadi menjadi penghalang perjalanan anda. Oleh karena itu perhatikan kondisi kendaraan yang hendak anda tumpangi agar benar-benar fit dan siap tempur.

Itulah pengalaman melakukan perjalanan darat dari pulau Bali hingga Pulau Flores. Semoga informasi singkat mengenai perjalanan darat dari Bali-Lombok-Sumbawa-Flores bisa bermanfaat bagi siapa saja yang hendak melakukan perjalanan darat ke pulau Flores. Bagi anda yang sudah pernah melakukan perjalanan ke pulau Flores bisa dishare pengalamannya di kolom komentar.
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Objek Wisata - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger